Pelatihan Assessment Center kepada Assessor di lingkungan TNI AD.

Spersad bersama dengan Dinas Psikologi TNI AD menyelenggarakan Pelatihan Assessment Center kepada Assessor di lingkungan TNI AD. Kepala Dinas Psikologi TNI AD (Kadispsiad) Brigjen TNI Henny Setyono, S.Psi.,M.Si memimpin kelompok pemateri Dispsiad memberikan materi secara virtual dari Ruang Kuliah Gedung Soemantri Madispsiad. Kamis (27/04/2023).

Kegiatan Pembentukan Assessesor Uji Kompetensi GOL IV / Kolonel TA 2023 di ikuti oleh Assessor dari tiap Puscabfung di lingkungan TNI AD.

Dalam sambutannya Kadispsiad meyampaikan bahwa melalui pembentukan Assessor ini diharapkan para peserta dapat menghayati filosofi mengenai Assessment Center.

Assessment Center merupakan metode untuk menggali dan menilai kompetensi yang dimiliki oleh kandidat-kandidat pada suatu job target tertentu. Profil kompetensi setiap kandidat akan dihadapkan dengan profil kompetensi ideal pada job target. Kandidat yang memiliki profil kompetensi paling mendekati profil ideal kompetensi job target adalah kandidat yang terbaik untuk menduduki suatu jabatan tertentu. Pemanfaatan metoda Assessment Center diharapkan akan dapat mendukung upaya TNI AD untuk menempatkan personel terbaik dalam suatu jabatan tertentu.

Bagi para peserta pembentukan Assessor diharapkan untuk mendalami Teknik dasar dalam proses Assessment yaitu. Teknik observasi dan wawancara, kedua teknik tersebut tidak lepas dari proses Assessment yang mana para Assessor juga harus memiliki kepekaan tinggi terhadap respon perilaku yang muncul pada saat proses Assessment berlangsung . Ujarnya.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Kolonel Caj (K) Dra. Rokhmi Handayani, S.Psi.,M.Psi., Psikolog, Kolonel Caj Suyanto, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Kolonel Caj Dwi Yanu H S,Psi., M.Psi., Psikolog, Kolonel Inf Namr Djalil, S.Psi.,M.Tr.(Han)., Psikolog, dan Letkol Inf Agung Sigit H, S.Psi., Piskolog.

Diakhir amanat Kadispsiad menekankan kepada para peserta agar mampu menerapakan wawasan yang telah di terima dengan sebaik baiknya.

“UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA”
(Mengabdi untuk membentuk Prajurit yang berdaya guna dan berhasil guna)